Jumat, 08 Februari 2013

30 hari Khatam Al Qur’an (Tips+Trik Mengkhatamkan Al Qur’an Selama Ramadhan)

Mengkhatamkan Al Qur’an Selama Ramadhan)


  1. Tips dengan Jumlah Juz Al-Qur’an
    Cari Al Qur’an yg dicetak per-juz. Satu juz ~ 11 lembar ~ 22 halaman. Gunakan sistem target, 1 hari = 1 juz. Insya ALLAH dalam sebulan akan khatam juga.
Al-Qur’an terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi. Seperti juz ke 1 yang terdiri dari 2 surah, yaitu surah Al Fatihah dan Surah Al Baqarah hingga ayat 141. Nah jika anda berniat menamatkan satu juz ini dalam satu waktu, misalnya setelah shalat Tarawih, maka anda akan membaca juz pertama hingga ayat 141 ini. Jadi target kita adalah 1 juz setiap hari.
  1. Tips dengan Jumlah lembar dalam tiap Juz Al-Qur’an
    Nah jika anda merasa berat menamatkan 1 juz di satu waktu (misalnya ba’da tarawih), mungkin anda bisa mempertimbangkan tips yang satu ini, yaitu dengan membagi jumlah lembar dalam 1 juz kemudian dibaca ditiap selesai shalat wajib. Dalam Al Qur’an yang umum beredar di Indonesia, rata-rata dalam 1 juz terdapat 9-10 lembar (ada juga yang lebih).
Nah sebagai contoh jika dalam juz pertama terdapat 10 lembar, dan kita bagi dengan 5 (waktu shalat), maka tiap selesai shalat kita hanya akan membaca 2 lembar saja. Lebih enteng bukan ? Dan pastinya kita juga merasa tidak terlalu berat dan tetap bisa menamatkan 1 juz per hari. Silahkan anda membagi jumlah lembar tiap juz lainnya dengan 5 waktu shalat.
  1. Tips dengan jumlah lembar Al-Qur’an.
    Jumlah lembar di tiap Al-Qur’an berbeda-beda. Sebagai contoh adalah Al-Qur’an yang jumlah lembarnya 604 lebar. Nah agar bisa khatam hingga akhir bulan Ramadhan ini (jumlah hari 29), maka tiap hari saya harus membaca 21 – 22 halaman ( 604 halaman: 29hari = 20.83 halaman). Dan ini bisa saya variasikan diwaktu kapan pun dalam 1 hari tersebut, dengan target 21 lembar perhari harus tercapai.
  1. Jika tidak bisa 11 lembar (21 halaman) sekaligus, bawa selalu Qur’an, dan manfaatkan waktu-waktu luang anda.Misalnya:
    • Saat jam istirahat Kantor/Sekolah;
    • saat macet di jalan
    • menunggu angkutan umum;
    • di dalam kendaraan dsb
  1. Bagaimana kalau Ramadhan tidak 30 hari tapi 29 hari ?
    Ya untuk mudahnya, hari ke 29 anda selesaikan 2 juz dalam 1 hari. Dengan bacaan tartil bisa selesai dalam waktu + 1 jam. Kalau dicicil berarti tiap habis shalat pada hari ke 29 digandakan menjadi 9 – 10 halaman.
  1. Bagaimana untuk wanita yang karena halangan, mungkinkah bisa?
    Memang tidak semudah bagi lelaki untuk mengkatamkan Al Qur’an dalam sebulan. Bagi wanita, mungkin sedikit tips di bawah ini dapat digunakan :
    • Jika tamu datang di awal ramadhan, maka sangat mudah kita mengkhatam Al Qur’an. Tinggal kita hitung aja sisa hari yang dimana kita dapat membaca Al Qur’an, misalkan sisa hari tersebut H. Maka bagi H/30 itulah yang harus kita selesaikan perhari
    • Jika kita tidak tahu kapan tamu datang, maka usahakan membaca lebih dari 1 Juz perhari. Misalkan 1,5-2 Juz. Semakin banyak semakin bagus. Ini sebagai simpanan, jika tiba-tiba tamu tersebut takkunjung berakhir.
http://b00kmark.wordpress.com/2010/08/09/30-hari-khatam-al-qur%E2%80%99an-tipstrik-mengkhatamkan-al-qur%E2%80%99an-selama-ramadhan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar